Jiwa Sabar Dan Tangguh Dalam Berbisnis Kuliner

Kuliner sangat identik dengan makanan,dan dalam beberapa tahun kebelakang bisnis ini menjadi berkembang seiring perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.Banyak yang mendirikan perusahaan kuliner dengan berbagai jenis makanan inovatif untuk menjaring konsumen dengan mengembangkan menu produk makanan yang sudah ada,dan dijadikan menjadi istimewa.

Di dunia kuliner,tentunya RASA akan menjadi andalan dan akan menjadikan konsumen membeli dan kembali untuk menikmati panganan tersebut.Contoh: Di bandung dalam waktu sangat singkat terkenal dengan adanya kue brownis,padahal kue tersebut sudah lama ada,namun karena kreasi dan rasa cocok untuk semua kalangan,maka berkembanglah produk tersebut dengan pesat.

Namun,bagi pemula yang mempunyai bakat di bidang kuliner,jangan berkecil hati,karena pasar kuliner saat ini masih menjanjikan dan ketekunan akan membawa keberhasilan selanjutnya.Bila anda tertarik pada produk kuliner,tentunya informasi dibawah ini mungkin akan membantu perjuangan dalam memasarkan produk.

Untuk memulai usaha tentunya banyak yang harus di rencanakan dengan baik diantarannya :
  • Target dari produk bisnis kita=apakah dipasarkan untuk kalangan menengah ke bawah / menengah ke atas.Bila untuk produk kita standar,sebaiknya dipasarkan lokal dulu dan bila sudah mulai mengalami perubahan kepada produk lebih baik,bisa dipasarkan dengan masal ke berbagai kalangan.
  • Berfikir positif = pada awal usaha,hilangkan berfikir mencari keuntungan besar,tapi gunakan pemikiran positif kita untuk mengenalkan produk kepada semua orang 
  • Promosi Produk = Banyaklah mengenalkan produk kepada teman terdekat,bila produk kita jenis makanan,maka sebaiknya dalam hubungan silaturahmi selalu membawa produk untuk dicoba oleh teman-teman kita.(kenapa harus ke teman dulu ? ) sarana seperti ini sangat efektif dan biasanya bila ada kekurangan,teman kita akan langsung melakukan kritik dan masukan.
  • Jangan Merasa Rugi = Mengundang kerabat yang kita kenal dan menjamu mereka,tentunya akan menjadi promosi gratis yang baik.Contoh : kita mengundang 10 orang untuk makan produk kita,pastinya 10 orang tersebut akan membawa minimal 2 orang dalam keluarganya untuk mencoba produk kita,dan selanjutnya, dalam 1 bulan produk kita dikenal oleh keluarga,rekan kerja mereka yang kita undang ,bisa menjadi ratusan orang mengenal produk kita.
  • Pertahankan Qualitas = Banyak orang yang berbisnis kuliner,bila sudah digemari komsumen,produk dikurangi porsi resepnya(dengan alasan harga bahan baku naik),padahal lebih baik menaikan harga jual daripada mengurangi qualitas.
  • Ramah dan selalu tersenyum = Banyak konsumen datang dan membeli produk karena senyuman dan ramah menghadapi konsumen.Alasan : tidak semua orang datang hanya untuk membeli produk,tapi banyak pula konsumen datang karena konsumen merasa menjadi keluarga

Belajar dari Sejarah dan Pengalaman Pahit

“ A lesson is repeated until learned. – Pembelajaran akan terus berlangsung sampai kita dapat memetik hikmahnya.” Anonym Setiap saat dan s...

Followers