Informasi Umum

Waduk cirata terletak di 2 wilayah kabupaten di jawa barat,yaitu terletak di kabupaten Bandung barat dan di kabupaten cianjur.Danau ini terbentuk dari dibendungnya sungai Citarum yang bermata air di wilayah bandung selatan.Disungai ini dulu nya,air dan kesejukannya sangat terkenal dan sering digunakan untuk lonba arung jeram dan wisata air lainnya.

Seiring dengan kebutuhan manusia akan penerangan listrik dan kebutuhan pengairan irigasi rakyat untuk mengairi sawah dan perkebunan,maka dibendung lah sungai ini dengan 3 waduk sekaligus yaitu :waduk Jatiluhur ,waduk saguling dan waduk cirata.

Bendungan Yang pertama dibuat adalah Jatiluhur yang terletak di kabupaten Purwakarta-jawa barat.Waduk cirata adalah waduk yang berada ditengah-tengah antara waduk saguling dan waduk Jatiluhur.
Untuk mencapai waduk cirata,perjalanan bisa lewat cianjur menuju cikalong kulon dan tembus langsung ke waduk cirata.

Waduk cirata adalah pusat peternakan ikan jaring apung dengan produksi ikan mas dan nila sebagai produk utamanya.dan ada juga berbagai jenis ikan seperti ,gurame,patin dan bawal.

No comments:

Belajar dari Sejarah dan Pengalaman Pahit

“ A lesson is repeated until learned. – Pembelajaran akan terus berlangsung sampai kita dapat memetik hikmahnya.” Anonym Setiap saat dan s...

Followers